Minggu, 31 Maret 2013

KISI-KISI PENELITIAN


KISI-KISI PENELITIAN
TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN
ACTIVE KNOWLEDGE SHARING HUBUNGANNYA DENGAN
PRESTASI KOGNITIF MEREKA PADA PEMBAHASAN BINATANG YANG HALAL DAN HARAM

NO
POKOK MASALAH
INDIKATOR
SD
APD
ITEM
NO. ITEM
1
(X)
Tanggapan Siswa Terhadap Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing
1.        Guru membuat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
2.        Peserta didik diminta untuk menjawab dengan sebaik-baiknya.
3.        Peserta didik diminta untuk mencari teman yang dapat membantu menjawab pertanyaan yang tidak diketahui atau diragukan jawabannya.
4.        Peserta didik diminta untuk kembali ketempat duduk semula dan guru memeriksa jawaban peserta didik.
S
I
S
W
A
A
N
G
K
E
T

1,2,3,4



5,6,7,8



9,10,11,12




13,14,15


4



4



4




3

2
(Y)
Prestasi Siswa Belajar PAI Pokok Bahasan Haji dan Umroh (kognitif)
1.         Pengetahuan binatang yang halal dan haram
2.         Pemahaman binatang yang halal dan haram
3.         Penerapan(aplikasi) binatang yang halal dan haram
4.         Analisis binatang yang halal dan haram
5.         Sintesis binatang yang halal dan haram
6.         Evaluasi binatang yang halal dan haram

S
I
S
W
A

T
E
S
1,2,3

4,5,6

7,8,9

10,11

12,13

14,15
3

3

3

2

2

2
3
Kondisi Objektif Penelitian
1.      Gambaran umum lokasi penelitian
2.      Letak geografis SMPN 1 Cileunyi
3.      Perlengkapan/ inventaris SMPN 1 Cileunyi
4.      Keadaan tenaga pengajar SMPN 1 Cileunyi

Kepala sekolah,Guru, Tata Usaha.
Wawancara dan Observasi
-




ANGKET PENELITIAN
NAMA            : .......................................................
KELAS           : .......................................................
PetunjukUmum
1.      Bacalah basmalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan!
2.      Tulislah identitas anda pada tempat yang tersedia!
3.      Bacalah setiap pertanyaan dengan teliti!
4.      Jawablah angket ini dengan sejujurnya!
5.      Pilihlah salah satu alternatif jawaban di bawah ini dengan member tanda silang (X)!
6.      Hasil angket ini tidak mempengaruh inilai anda!

A.      Data Penelitian Variabel X (Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing)

1.      Guru PAI menyiapkan beberapa pertanyaan seputar materi yang akan dipelajari. Bagaimana tanggapan anda?
a.       Sangat setuju         c.   Ragu-ragu              e.  Sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   Tidak setuju

2.      Guru PAI menanyakan istilah-istilah dalam binatang yang halal dan haram. Bagaimana Tanggapan anda ?
a.       Sangat setuju         c.   Ragu-ragu              e.  Sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   Tidak setuju

3.      Cara guru memberikan pertanyaan-pertanyaan tersebut menuntut siswa mengetahui gambaran materi yang akan dipelajari.
a.       Sangat setuju         c.   Ragu-ragu              e.  Sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   Tidak setuju

4.      Guru PAI meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan dengan sungguh-sungguh.
a.       Sangat setuju         c.   Ragu-ragu              e.  Sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   Tidak setuju

5.      Guru PAI meminta kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan.
a.       Sangat setuju         c.   Ragu-ragu              e.  Sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   Tidak setuju

6.      Saya berusaha untuk menjawab semua pertanyaan tentang materi binatang yang halal dan haram.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

7.      Belajar PAI materi binatang yang halal dan haram sangat cocok dengan metode bertukar pengetahuan.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

8.      Dengan strategi active knowledge sharing menuntut semua siswa berperan aktif dalam proses belajar.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

9.      Setelah semua pertanyaan dicatat oleh siswa guru menganjurkan bekerjasama dengan siswa yang lain untuk mencari jawaban yang sukar.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

10.  Agar siswa aktif bekerja sama guru menyarankan agar saling bertukar pengetahuan.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

11.  Dengan bertukar pikiran saya menemukan pengetahuan-pengetahuan baru tentang binatang yang halal dan haram.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

12.  Belajar PAI materi binatang yang halal dan haram dengan menggunakan stretegi actve knowledge sharing semua siswa menjadi aktif karena menemukan pengetahuan-pengetahuan baru.
a.       sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

13.  Guru mempersilahkan semua siswa untuk kembali ke tempat duduk masing-masing dan mengumpulkan lembar jawaban yang telah dikerjakan oleh siswa.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

14.  Guru memeriksa semua jawaban siswa dan memberikan penjelasan dari semua pertanyaan-pertanyaan tentang materi haji dan umroh.
a.       Sangat setuju        c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                   d.   tidak setuju

15.  Dengan pelaksanaan strategi pembelajaran active knowledge sharing guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar menurut cara dan keadaan masing-masing peserta didik.
a.       Sangat setuju         c.   ragu-ragu               e.  sangat tidak setuju
b.      Setuju                    d.   tidak setuju

TES PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS IX SMPN 1 CILEUNYI
MATA PELAJARAN PAI

Nama                  : ………………………………..
Kelas                  : ………………………………..
Hari/Tanggal      : ………………………………..

B.  Data Penelitian Variabel Y (Prestasi Kognitif Siswa Mata Pelajaran PAI Materi Binatang yang Halal dan Haram)

1.     Semua binatang yang ada dibumi halal dimakan, kecuali Allah telah menetapkan beberapa yang diharamkan. Makanan diharamkan sebab…
a.  lezat rasanya                                        c.   sulit memperolehnya
b.  binatang langka                                   d.   mendatangkan Mudarat

2.      Berikut ini binatang yang halal dimakan tanpa disembelih adalah…
a.       lembu                                                 c. kelinci
b.      kambing                                             d. ikan mujair

3.      Diharamkan memakan binatang sejenis burung elang, burung gagak, dan yang berkuku tajam, disebabkan….
a.  dilarang membunuhnya                       c.  keadaannya menjijikkan
b.  diperintahkan membunuhnya              d.  perintah Al-Quran

4.      Sebagian ulama mengharamkan binatang amfibi seperti buaya, kepiting, kodok, bekicot, kura-kura, dan sejenisnya. Keharaman binatang tersebut karena......
a.       kotor dan menjijikkan                        c. disuruh membunuhnya
b.      hidup di air dan di darat                    d.diharamkan ulama

5.      Arti kata yang bergaris bawah pada potongan ayat Al-Quran berikut adalah
š(#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhŠsÛ $tB öNä3»oYø%yu …..
a.       dihalalkan                                           c. memakannya
b.      memancing                                         d. orang yang berjalan

6.      Berikut ini yang bukan merupakan syarat menyembelih binatang adalah...
a.       orang Islam                            c. penyembelih
b.      alat sembelihan tajam             d. binatang hidup

7.      Apabila rukun dan syarat menyembelih belum terpenuhi salah satunya, memakan daging sembelihannya hukumnya...
a.       makruh                                   c. dimaafkan
b.      mubah                                                d. haram
8.      Hewan yang disembelih secara mekanik dengan memakai aliran listrik atau zat kimia tertentu menurut syariat Islam, dagingnya  ....
a.       diizinkan                                c. dihalalkan   
b.      diharamkan                            d. dimaafkan

9.      Binatang yang haram dimakan sekaligus dilarang pula digunakan sebagai pengobatan. Keharaman ini ditetapkan dalam....
a.       al-Qur’an                                c. fatwa ulama
b.      hadis                                       d. kitab fikih

10.  Menyembelih kambing hingga putus urat lehernya merupakan....penyembelihan
a.       sunah              b. haram          c. syarat                       d. rukun

11.  Makanlah makanan yang tayyib. Yang dimaksud tayyib adalah....
a.       makanan yang diperoleh dengan cara yang halal      
b.      makanan yang matang
c.       makanan yang tidak meragukan (syubhat) halal haramnya  
d.      makanan yang menyehatkan

12.  berikut ini adalah binatang yang diharamkan memakannya berdasarkan nas, kecuali....
a.       anjing                                     c. tikus
b.      babi                                        d. binatang buas yang bertaring

13.  Al-Quran Surah Al-Maidah ayat 1 adalah dalil naqli dihalalkannya ....
a.       binatang buas dilaut
b.      binatang ternak
c.       binatang yang disembelih dengan menyebut nama Allah
d.      binatang yang tidak bertaring

14.  Berikut ini adalah binatang yang haram karena kita dilarang membunuhnya…..
a.       semut                                     c. ulat
b.      himar                                      d. katak

15.  berikut ini adalah rukun penyembelihan binatang, kecuali…
a.       ada orang yang menyembelih
b.      ada binatang yang disembelih
c.       penyembelih harus orang Islam
d.      menyebut nama Allah atau membaca basmallah sebelum menyembelih








PEDOMAN OBSERVASI
1.      Latar belakang SMPN 1 Cileunyi Bandung
1)      Sejarah berdirinya SMPN 1 Cileunyi Bandung
2)      Kondisi lokasi SMPN 1 Cileunyi Bandung
2.      Personalia SMPN 1 Cileunyi Bandung
1)      Keadaan guru
2)      Keadaan staf
3.      Keadaan siswa SMPN 1 Cileunyi Bandung
1)      Jumlah siswa kelas VII
2)      Jumlah siswa kelas VIII
3)      Jumlah siswa kelas IX
4.      Sarana dan prasarana SMPN 1 Cileunyi Bandung
1)      Keadaan ruang guru dan kelas
2)      Ruang praktek ibadah
3)      Ruang laboratorium
4)      Ruang komputer, dan lain-lain.







PEDOMAN WAWANCARA
  1. Bagaimana sejarah berdirinya SMPN 1 Cileunyi Bandung?
  2. Sarana dan prasarana apa saja yang ada atau disediakan di sekolah SMPN 1 Cileunyi Bandung ini?
  3. Bagaimana keadaan siswa SMPN 1 Cileunyi Bandung?
  4. Berapa jumlah siswa SMPN 1 Cileunyi Bandung?
  5. Berapa jumlah guru SMPN 1 Cileunyi Bandung?
  6. Berapa jumlah ruang belajar SMPN 1 Cileunyi Bandung?
  7. Bagaimana kondisi fasilitas belajar dan fasilitas umum yang ada di SMPN 1 Cileunyi Bandung?