Sabtu, 22 Oktober 2011

cerpen sakit cinta


SAKIT CINTA
“pagi candri” rion menepuk bahuku. “ aku tersentak kager.
“Rion! Ngagetin orang aja!” dengusku
“hi..hi..hi..,biarin dong suka-suka gue”Rion ketawa-ketawa dan duduk disampingku
“emang suka-suka kamu, tapi aku bisa jantungan. Jadi korban khan”? korban pembunuhan!” tegasku. Rion hanya tersenyum
“ah kamu...!” sahut Rion mencubit pipiku
“ya..iya lah ne...,sakit,namanyajuga dicubit..!” Rion berlagak kaya bencong dan mengubah suaranya huu..cape deh..
“jelek tau!” dengusku dan memukul dadanya
“ah! “ Rion meringis,memegangi dadanya,dan tiba-tiba terkulai gak sadarkan diri
“Rion..,!Rion..!” aku panik dan mengguncang-guncang tubuh Rion. Tapi Rion gak juga bangun.
“Rion!Rion!bangun!bangun!aku makin panik dan terisak menangis.
“Rion..!bangun! kamu kenapa????aku makin terisak menangis menjadi jadi dan menepuk pii Rion berharap dia sadar.
“gak apa-apa..”tiba-tiba Rion,bicara,membuka matanya,dan nyegir jahil. Aku mematung sadar kalau aku dijailin sama si kutu kupret Rion
“Rion Monyong!” aku melayangkan kepalan tanganku kearah Rion
“ye...,gak kena...gak kena..”
Rion berhasil nangkis seranganku. Aku diam cemberut.
“marah...Ni ye..”Rion nyoba-nyoba goda aku. Tapi gak mempan
“can...,marah sama gue?”Riom mendekatkan wajahnya ke wajahku. Aku langsung membalik badan. Enek liatnya. Rion berlari kekebun sekolah dan memetik sesuatu
“Nih..,buat lo..,lo jangan marah ya...plis....”Rion nyodorin 4 lembar rumput trus pake acara bertekuk lutut segala. Aku ngikik pelan.
“dasar bodoh..,masa ngerayu pake rumput...?dimana-mana ngerayu pake bunga, coklat atau boneka. Ini pake rumpu.
“maafin gue ya...”Rion menyipit dan agak ketawa.
“gak elit,masa ngerayu pake rumput?ogah!”tolakku.
“trus pake apa dong? Rion bingung
“pake bunga kek..”
“gak ada......”sahut Rion dan berpikir sejenak lalu mengambil sesuatu disakunya.
“Nih pake duit aja..! pasti kau suka .“Rion nyodorin uang serebu perak.
“ih dasar kamu ya!”aku menjitak kepala Rion keras
“Aww!!”Rion meringis kesakitan memegang kepalanya yang tadi aku jitak, mukanya lucu...banget. kami ketawa-ketiwi
“hei!can!jadi sekarang?”tanya kak doni lewat
“eh kak Doni! Jadi dong! Yuk..!aku berlari dan ngikiutin kak Doni Ketua osis
“Rion..,aku pergi dulu yah...,thanks rumputnya!”
Aku ngibas-ngibasin tangan sama Rion
Hari ini aku sama kak Doni mao ngerjain proyek soal parade band sama kak Doni di Ruang osis.
Xxxxxxxxx
Hari ini aku sekolah seperti biasa dan mau nemuin Rion, udah kangen karena seminggu gak ketemu.
“Rul..Rion mana?”tanyaku pada Asrul sahabat Rion sambil menepuk pundaknya.
“hah?Rion?lo gak tau ya..dia gak masuk udah seminggu ..”jawab asrul
“kenapa?” dahiku mengernyit penasaran.
“dia sakit. Kemarin gue udah jenguk dia”
“Koq gue gak tau?”
“Ya...iya lah orang lo gak sekelas sama Rion”
“trus gimana keadaannya?”
“yah..masih gitu..gak ada bedanya sama hari kemaren. Mending lu jenguk dia deh pulang sekolah hari ini. soalnya dia nanyain lu terus.”ujar asrul
“oh..ya deh...”aku mengangguk meninggalkan asrul dan meninggalkan asrul.
“nanyain gue?” batinku
Setelah sekolah bubar. Aku ngajakin Kak Doni buat jenguk Rion. Dan kamipun berangkat.
“Asalamualaikum..”sahutku ngetuk-ngetuk pintu. Tapi gak ada jawaban.
“permisi..Rion..! “sahutku lagi tapi tetep gak ada jawaban  dari dalem
“lagi gak ada orang kali..”ujar kak Doni
“gak mungkin ah kak..ini pintunya kebuka gak ditutup,gak dikunci pula”
“mungkin didalem lagi tidur....kita masuk aja yuk usul kak Doni.
“ok...” aku membenarkan usul Kak Doni dan perlahan masuk kerumah yang bergaya minimalis itu.
“Rion..” kataku agak keras tapi gak ada jawaban.
Ketika aku memasuki ruang keluarga. Tiba-tiba lututku melemas dan jatuh terduduk karena melihat sosok tubuh Rion menelungkup di lantai.
“Kak Doni....tolong....! aku teriak dan menghampiri Rion yang terbaring tengkurap. Aku membalikkan tubuhnya. Mendengarkan denyut jantung Rion. Dan Syukurlah ia masih bernafas.
“Ada apa? Kak Doni menghampiriku dan berlari tergopoh-gopoh
“Rion pingsan Kak!” kataku
Kak Doni langsung membantuku untuk membawa Rion kesebuah kamar. Dan benar saja itu kamar Rion karena banyak sekali poster-poster bola dikamarnya.
“kak panggil dokter!” teriakku setelah menaruh bantal dibawah kepala Rion
“baik!”kak Doni berlari keluar kamar mencari-cari telpon.
Sementara Kak Doni menelpon dokter. Aku liat-liatkamar Rion.
Aku mematung sejenak lau mendekati sebuah meja belajar yang pasti itu meja belajar Rion.......Aku melihat ada banyak fotoku yang menempel dimeja belajar itu. Lalu ada satu foto wajahku yang menempel disebuah poster menutupi wajah Avril Lavigne. Aku tersenyum geli dan menoleh melirik Rion yang belum sadar.
Beberapa lama kemudian Kak Doni masuk bersama seorang dokter.
Dokter itu langsung memeriksa Rion.
“dia Cuma demam dan tekanan darahnya rendah,jadi dia pingsan,oh...ya ini saya kasih obat dimunum sesudah makan. Sekarang kompresin aja. Kalau udah sadar langsung makan dan minum obat.” Ujar dokter itu panjang.
“tapi Rion gak apa-apa dok? Tanyaku setengah panik.
“gak apa-apa dia Cuma kecapean dan stress. Sepertinya ada banyak hal yang mengganggu pikirannya.
“aduh...,lu mikirin apa sih Rion????  Ampe sakit kaya gini......
Lalu dokter berlalu dianterin kak Doni. Terus kak Doni mau beli makanan buat Rion nanti.
Aku terus ngompresin Rion sampe Dia sadar.
“candri ???ngapain disini???” tanya Rion yang tadi sadar dan tiba-tiba nanya.
“ya....jangan kamu lah...” Aku menggenggam tangan Rion.....,Rion melirikku, dan melirik tangannya yang aku genggam.
“kenapa sih...kamu? sakit apa?”
Tanyaku walau aku sudah tau kalo dia demam dan kecapean.
“gue...gue....sakit cinta...”ujarnya
“apa? Sakit cinta? Emang ada virusnya?” tanyaku menyipit
“ada...gue kena virus candri,virus lo....”
Rion bangun,duduk dan memegangi tanganku.
“jujur....can.gue jealous banget liat lo sama Doni,tiap kali gue liat lo...ati gue sakit, jantung gue kumat, ginjal gue copot sebelah, tulang rusuk gue retak. Patah enam biji...”
Rion menghirup napas panjang. Aku masih bengong gak percaya. Tadinya aku mau ketawa ngeledek Rion ngomong tadi. Tapi gak bisa Rion keburu ngomong lagi.
“sebenarnya gue suka sama lo dari dulu” Rion menunduk,mungkin ini saatnya aku bicara.
Rion langsung menatapku. Genggaman tangannya terasa hangat. Hangat sampai kehati. Sorot matanya bener-bener bikin aku klepek-klepek. Serius dan penuh pengharapan.
“Rion....kak Doni itu sepupu aku. Kamu gak usah jealous sama dia,,”
Aku berhenti dan hendak meneruskan. Sorot mata Rion kini diambang keputusasaan.
“aku gak ada perasaan sama kamu”
Rion melepaskan genggamannya.
“Tapi....” aku meraih tangan Rion yang hangat.
“aku sayang sama kamu”
Kataku seberani mungkin. Karena perasaan ini udah kupendam selama 7 bulan dan keluar sekarang.
Rion menarik bahuku. Tiba-tiba bibir Rion mendarat dikeningku.
“makasih.. Can,aku juga sayang sama kamu” ujar Rion
Aku tersenyum dan ingat sesuatu
“Rion itu lucu banget ya...?” aku nunjukin foto wajahku yang nempel di poster avril lavigne.
“baguskan? Suka nggak?” Rion membenarkan jepit rambutku yang gak beres letaknya.
“aku deg-degan. Embusan nafas Rion terasa dikepalaku
“iya...bagus..aku suka” ujarku
“terus...lu kudu bayar utang sama gue, bayar dokter sama nasi goreng ini.” Kata kak Doni yang tiba-tiba muncul dibalim pintu sambel mamerin sekeresek nasi goreng yang dibungkus rapi.
“oke...siapa takut!” sahut Rion yang kini lebih segar
“makan dulu yuk! Disini sambil nonton tv!” ajak kak Doni.
“iya,,”sahut Rion
Kak Doni berjalan meninggalkan kamar terlebih dahulu.
“yuk!” Rion berdiri dan ngulurin tangannya. Refleks aku ngeraih tangan Rion dan bediri berjalan menuju kekamar
“Rion.....”
“mmh...?”
“aku benar-benar sayang kamu”bisikku dan mencium pipi Rion.”
Rion bengong memandangku sembari memegangi pipinya yang aku kecup tadi. Mukanya merah
“apa?” kataku jahil.
*******
The end

Tidak ada komentar:

Posting Komentar